Pembelajaran Perkembangan Makhuk Hidup |
Adapun aktor-aktor yang terlibat adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Alasan guru mengikutsertakan peserta didik adalah memberikan penguatan dan pemahaman kepada peserta didik sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, mandiri sehingga peserta didik merasakan dampak pembelajaran yang telah dipelajari.
Agar peserta didik memahami tentang perkembangbiakan makhluk hidup guru perlu mengajak peserta didik merasakan langsung cara-cara menanam tanaman, melakukan perawatan dimulai dari pengolahan tanah, pencarian bibit, menanam serta perawatan.
Setelah melaksanakan kegiatan menanam tanaman bersama peserta didik diharapkan pembelajaran semakin menyenangkan keingintahuan peserta didik dalam pembelajaran tentang perkembangbiakan makhluk hidup semakin meningkat.
Selain itu peserta didik tidak merasa bosan karena pembelajaran yang diterapkan guru memupuk kemampuan peserta didik untuk dapat merasakan langsung secara praktik.
Dari kegiatan menanam tanaman ketahanan pangan guru menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan, peserta didik bebas berkreasi dengan menanam tanaman yang diinginkan sehingga tanaman akan beraneka ragam.
Sebagai guru saat melakukan kegiatan menanam tanaman ketahanan pangan sangat menyenangkan dan mendapat pengalaman juga bisa melakukan refleksi pembelajaran secara langsung.
Dengan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu menerapkan kegiatan dengan menanam tanaman dirumah masing-masing dan lebih mencintai tanaman.